Survey & Sosialisasi Kegiatan Pendampingan Website Nagari Di Cluster V Koto Kampuang Dalam & V Koto Timur, Kab Padang Pariaman

Sesuai rencana, perjalanan LPM Marapalam melakukan sosialisasi kepada 5 pemerintahaan nagari di Kec. V Koto Kampuang Dalam & Kec. V Koto Timur kab. Padang Pariaman untuk keperluan rencana pendampingan website nagari yang sepenuhnya akan didukung oleh perantau-perantau dari 2 kecamatan ini (IK LIMKOS – Ikatan Keluarga Limo Koto & sekitarnya) yang merupakan sinergi dari Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) & Pemkab. Padang Pariaman.

Tim memulai survey 23 Februari 2012 pukul 11.00 wib dari Pariaman, yang kemudian mengunjungi nagari Campago, V Koto Kampuang Dalam. Diterima oleh Wali Nagari Campago, Fabet Effendi untuk sosialisasi sekaligus melakukan pendataan koneksi internet yang terdapat di nagari serta jumlah perangkat komputer yang dimiliki. Selanjutnya perjalanan diteruskan menuju nagari Kudu Gantiang, V Koto Timur untuk melakukan pendataan. Rute ini dipilih karena wali nagari Sikucue, Masril sedang melakukan pertemuan dengan bupati Padang Pariaman Ali Mukhni untuk menyerahkan bantuan dari pangajian wirid yasin SKPD Pemkab Padang Pariaman di Toboh Marunggai kepada Netti Irawati, anak nagari Sikucue yang menderita penyakit kanker kulit ganas.

Dari hasil koordinasi dengan wali nagari Kudu Gantiang, Syafnil Oyon, yang sedang menghadiri kegiatan Badikie di beberapa surau nagari bersama Camat V Koto Timur, Nini Arlin S.Sos, dilakukan dokumentasi & pendataan di kantor pemerintahan nagari yang diterima oleh Seknag Kudu Gantiang, Dedi Aprianto, SE.

Perjalanan diteruskan ke nagari Gunuang Padang Alai, V Koto Timur & diterima oleh wali nagari Gunuang Padang Alai, Syafrizal SH. Setelah melakukan pendataan, kemudian perjalanan dilanjutkan ke nagari Sikucue, V Koto Kampuang Dalam, bertemu dengan Wali Nagari Masril. Setelah ba’da Maghrib tim LPM Marapalam bersama wali nagari menuju kantor pemerintahan nagari Sikucue untuk meninjau langsung kondisi peralatan yang ada serta melakukan dokumentasi.

Atas koordinasi wali nagari Sikucue, malam itu juga dihubungi via ponsel wali nagari Limau Puruik, Arifnal SPd & sepakat bertemu di rumah beliau. Setelah dilakukan sosialisasi, dirundingkan bersama dengan wali nagari Sikucue untuk melakukan pertemuan esok harinya di kantor pemerintahan nagari Campago bersama 5 wali nagari beserta 2 Camat. Semula jadwal pertemuan direncanakan pagi hari, namun setelah koordinasi dengan seluruh wali nagari bersama kecamatan disepakati untuk melakukan pertemuan pukul 15.00 wib 24 Februari 2012 di kantor pemerintahan nagari Campago, V Koto Kampuang Dalam.

Keesokan harinya, tepat pukul 15.00 wib diadakan pertemuan bersama antara LPM Marapalam dengan 5 wali nagari di 2 kecamatan bersama camat V Koto Timur & Sekcam V Koto Kampuang Dalam. Lokasi pertemuan dilakukan di depan kantor pemerintahan nagari, hal ini dikarenakan ruang pertemuan kantor pemerintahan nagari masih dipakai oleh masyarakat untuk pertemuan membahas koperasi nagari bersama-sama lembaga nagari terkait.

Dari hasil pertemuan dilakukan sosialisasi tentang rencana kegiatan pendampingan website nagari ci Cluster V Koto Kampuang Dalam & V koto Timur, dimana seluruh hal teknis dibahas mulai dari peralatan pelatihan, bantuan peralatan dari perantau, koneksi jaringan internet, jumlah peserta pelatihan yang dibutuhkan, waktu pelatihan serta koordinasi dengan organisasi perantau IK LIMKOS, DPP PKDP & Tim Petik Pemkab Padang Pariaman.

Setelah data perantau diperoleh dari masing-masing wali nagari, pada saatnya data ini akan diteruskan oleh LPM Marapalam ke DPP PKDP di Jakarta untuk kemudian dilakukan sosialisasi serta koordinasi menyeluruh kepada perantau-perantau yang berasal dari 5 nagari di kec. V Koto Kampuang Dalam & kec. V Koto Timur, kab. Padang Pariaman.

========================

1. Nagari Campago, V Koto Kampuang Dalam (WN Fabet Effendi).

a. Koneksi jaringan internet : line telepon/speedy : sejak pasca gempa 2009 tidak terpasang => Dilakukan pendaftaran kembali beserta paket speedy unlimited paket socialia.

b. Peralatan yang ada saat ini 3 unit komputer dengan spesifikasi :

PC 1
– Intel Pentium IV 2,4 GHz
– Monitor LCD 15″
– Hardisk 40 Gygabyte
– Memorry 512 Megabyte

PC 2
– Intel Pentium IV 2,8 GHz
– Monitor CRT 15″
– Hardisk 80 Gygabyte
– Memorry 512 Megabyte

PC 3
– Intel Pentium IV 1,8 GHz
– Monitor CRT 15″
– Hardisk 40 Gygabyte
– Memorry 512 Megabyte
Printer
– Printer HP 3920 kondisi baik
– Printer HP 3920 kondisi baik
– Printer HP D1660 kondisi baik

c. Perlu penambahan 1 unit komputer Intel Pentium Dual Core dari perantau.
========================

2. Nagari Sikucue, V Koto Kampuang Dalam (WN Masril)

a. Kondisi Jaringan GSM buruk (Telkomsel)

b. Peralatan yang ada saat ini 1 unit komputer dengan spesifikasi :
– Intel Pentium Core to duo 2,2 GHz
– Monitor LCD Samsung 19″
– Hardisk 160 Gygabyte
– Memorry 1 Gygabyte

Printer
– Printer Canon IP 2770 kondisi baik

c. Perlu tambahan 1 unit komputer Intel Pentium Dual Core + Modem USB type Highspeed + Antenna Penangkap Sinyal + Camera Digital Pocket dari perantau.
========================

3. Nagari Limau Puruik, V Koto Timur (WN Arifnal, SPd)

a. Kondisi Jaringan GSM Buruk (Telkomsel)

b. Peralatan yang ada saat ini 1 unit komputer dengan spesifikasi :
– Intel Pentium Dual Core 2,7 GHz
– Monitor LCD Acer 19″
– Hardisk 160 Gygabyte
– Memorry 1 Gygabyte

Printer
– Printer Canon IP 2770 kondisi baik

c. Perlu tambahan 1 unit komputer Dual Core + Modem USB type Highspeed + Antenna Penangkap Sinyal + Camera Digital Pocket dari perantau.
========================

4. Nagari Kudu Gantiang, V Koto timur (WN Syafnil Oyon)

a. Kondisi Jaringan GSM Buruk (Telkomsel)

b. Peralatan yang ada saat ini 1 unit komputer dengan spesifikasi :
– AMD Athlon 2,9 GHz
– Monitor LCD Acer 15″
– Hardisk 160 Gygabyte
– Memorry 1 Gygabyte

Printer
– Printer Canon IP 2770 kondisi baik

c. Perlu tambahan 1 unit komputer Dual Core + Modem USB type Highspeed + Antenna Penangkap Sinyal + Camera Digital Pocket dari perantau.
========================

5. Nagari Gunuang Padang Alai, V Koto timur (WN Syafnil Oyon)

a. Kondisi jaringan GSM : Baik (Telkomsel).

b. Peralatan yang ada saat ini hanya mesin tik, kantor pemerintahan nagari rata dengan tanah ketika gempa 29 September 2009.

c. Perlu tambahan 1 unit komputer Dual Core + Modem USB type Highspeed + Printer Inkjet + Camera Digital Pocket dari perantau.

========================

Berikut hasil laporan ringkas yang dapat kami lakukan pada Cluster V Koto Kampuang Dalam & V Koto Timur, kab. Padang Pariaman. Semoga bermanfaat, amin ya Rabbal alamin.

Padang, 26 Februari 2012

LPM Marapalam

Kantor Pemerintahan Nagari Campago, Kec. V Koto Kampuang Dalam. Tampak pada foto, tiang telepon PT Telkom yang merupakan infrastruktur jaringan internet koneksi telepon yang bisa digunakan nagari dengan fasilitas speedy.

Sisi lain kantor pemerintahan nagari Campago, pada gambar terlihat gedung pemerintahan ini dalam kondisi layak pakai, namun apabila kita melihat pada sisi bagian dalam sebenarnya banyak terdapat retakan yang harus diperbaiki dengan segera akibat gempa 30 September 2009 yang lalu.

2 unit komputer yang digunakan pada ruangan Kaur pemerintahan nagari Campago untuk memproduksi surat-surat pelayanan masyarakat nagari.

1 unit kumputer pada ruangan sekretaris nagari Campago, Kec. V Koto Kampuang Dalam.

Kantor darurat pemerintahan nagari Kudu Gantiang, Kec. V Koto Timur. Kantor ini merupakan bangunan semi permanen dengan dinding triplek. Saat ini kantor pemerintahan nagari Kudu Gantiang dalam kondisi rusak berat akibat gempa 30 September 2009.

Sisi lain kantor pemerintahan nagari Kudu Gantiang, Kec. V Koto Timur.

Sekretaris nagari bersama Kaur di kantor pemerintahan nagari Kudu Gantiang saat menerima LPM Marapalam untuk keperluaan pendataan infrstruktur & peralatan komputer di nagari.

Peralatan komputer yang dimiliki pemerintahan nagari Kudu Gantiang, Kec. V Koto Timur

Bersama Wali Korong, Sekretaris nagari & Kaur di kantor pemerintahan nagari Kudu Gantiang.

Tampak pada foto kantor darurat pemerintahan nagari Gunuang Padang Alai, Kec. V Koto Timur. Pada sebelah kiri foto terlihat sisa bangunan kantor pemerintahan nagari Kudu Gantiang yang hancur ketika gempa 30 September 2009. Menurut informasi yang diterima dilapangan, pemkab Padang Pariaman memprioritaskan pembangunan kembali kantor pemerintahan nagari ini.

Sisi depan kantor pemerintahan nagari Gunuang Padang Alai.

Saat ini pemerintahan nagari Gunuang Padang Alai tidak memiliki perangkat komputer untuk pelayanan masyarakat nagari. Hanya tersisa 1 unit mesing tik yang berhasil selamat dari bencana gempa 30 September 2009.

Wali Nagari Gunuang Padang Alai bersama staf ketika menerima LPM Marapalam untuk melakukan pendataan peralatan & kondisi jaringan internet di nagari.

Meja komputer yang masih bisa diselamatkan ketika gempa 30 September 2009. Mudah-mudahan dengan publikasi ini perantau LIMKOS bisa membantu pengadaan peralatan komputer paling tidak 2 unit untuk kelancaran pelayanan masyarakat nagari Gunuang Padang Alai dengan jumlah penduduk 10.196 jiwa (sensus penduduk 2010).

Tampak depan kantor pemerintahan nagari Sikucue, Kec. V Koto Kampuang Dalam. Tampak pada foto pada sisi kanan bangunan disangga dengan kayu. Sekitar 45% diding bagian atas bangunan kantor hanya bertumpu pada bata bagian bawah. Sudah selayaknya kantor ini dilakukan perbaikan segera, semoga perantau bisa memberikan bantuan dimasa yang akan datang.

Kayu penyangga ini digunakan untuk mengurangi beban dinding terhadap berat atap bangunan kantor pemerintahan nagari Sikucue.

Bagian samping kantor pemerintahan nagari Sikucue dilihat dari dalam. Semoga bisa dilakukan perbaiakan secepatnya.

Peralatan komputer di kantor pemerintahan nagari Sikucue, Kec. V Koto Kampuang Dalam

Wali Nagari Sikucue, Masril ketika menerima LPM Marapalam untuk melakukan pendataan perangkat komputer serta koneksi jaringan GSM. Nagari ini merupakan salah satu nagari di Cluster V Koto Kampuang Dalam & V Koto Timur yang memiliki koneksi GSM terlemah dengan minimnya jumlah antenna terpasang di tower provider Telkomsel dengan jumlah penduduk 15.921 jiwa (sensus 20100. Tingginya jumlah pengguna ponsel mengakibatkan jaringan koneksi GSM di nagari ini kerap overload pada jam tertentu.

Kantor pemerintahan nagari Limau Puruik, Kec. V Koto Timur yang saat ini tidak digunakan untuk sementara waktu akibat kerusakan yang dialami ketika gempa 30 September 2009.

Meskipun tidak digunakan lebih 2 tahun, kantor pemerintahan nagari Limau Puruik secara swadaya terus dilakukan perbaikan secara bertahap. Tampak pada foto tiang bangunan yang diganti & diperbanyak untuk mempertahankan bangunan di wilayah rawan gempa.

Kantor darurat pemerintahan nagari Limau Puruik, Kec. V Koto Timur. Kantor ini 100 % materialnya dibuat dari bahan kayu.

Peralatan komputer di kantor pemerintahan nagari Limau Puruik, Kec. V Koto Timur.

Sisi lain kantor pemerintahan nagari Limau Puruik.

Pertemuan bersama LPM Marapalam dengan 5 Wali Nagari Cluster V Koto Kampuang Dalam & V Koto Timur, Camat V Koto Timur beserta Sekretaris Camat V Koto Kampuang Dalam.

Ke 5 Wali Nagari sedang berdiskusi membahas rencana pendampingan website nagari bersama Camat V Koto Timur, Nini Arlin, S.Sos (baju biru), tampak di sebelah kanan Camat V Koto Timur adalah Wali Nagari Kudu Gantiang, Syafnil Oyon, lalu Wali Nagari Limau Puruik, Arifnal SPd, kemudian Wali Nagari Campago, Fabet Effendi (menghadap kamera), Sekretaris Camat V Koto Kampuang Dalam, Syafril SPd (memakai peci), Wali Nagari Sikucue, Masril (memakai topi).

Sekretaris Camat V Koto Timur , Syafril SPd & Wali Nagari Campago, Fabet Effendi dalam diskusi bersama LPM Marapalam.

Wali Nagari Sikucue, Masril bersama Wali Nagari Gunuang Padang Alai, Syafrizal, SH.

Wali Nagari Kudu Gantiang, Syafnil Oyon bersama Camat V Koto Timur, Nini Arlin, S.Sos

Diskusi bersama dilakukan di palanta depan kantor pemerintahan nagari Campago, Kec. V Koto Kampuang Dalam. Hal ini dikarenakan rapat koperasi masyarakat nagari Campago masih berlangsung di kantor pemerintahan nagari.

Masyarakat nagari Campago yang sedang melakukan pertemuan membahas koperasi nagari.

Tampak dari pintu masuk kantor pemerintahan nagari, palanta diskusi ke 5 wali nagari kec. V Koto Kampuang Dalam & V Koto Timur bersama Camat V Koto Timur & Sekcam V Koto Kampuang Dalam.

Wali Nagari Limau Puruik, Arifnal SPd sedang menulis daftar nama perantau beserta kontak person yang diperlukan DPP PKDP untuk mensosialisasikan kegiatan pendampingan website nagari di Cluster V Koto Kampuang Dalam & V Koto Timur.

Wali Nagari Gunuang Padang Alai, Syafrizal, SH sedang menulis daftar nama perantau beserta kontak person yang diperlukan DPP PKDP untuk mensosialisasikan kegiatan pendampingan website nagari di Cluster V Koto Kampuang Dalam & V Koto Timur.

Advertisements

2 comments on “Survey & Sosialisasi Kegiatan Pendampingan Website Nagari Di Cluster V Koto Kampuang Dalam & V Koto Timur, Kab Padang Pariaman

  1. Ambo satuju program nan rancak d kmpuang kito….mudah-mudahan terealisasi…

  2. koq lai buliah mak ……..dek jan sio-sio bantaun dari rang rantu tu,mohon dilakukan audit ,dek karano lah banyak nan tadanga di talingo urang rantau,”banyak bantuan” tu INDAK JALEH KAMA PAI E,dek karano banyak oknum” wali nagari beserta jajarannya melakukan penggelapan …….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s